STRATEGI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA TATAP MUKA TERBATAS DI SMP BERINGIN RATU SERUPA INDAH

Penulis

  • Wayan Suwece Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Putu Sandra Devindriati Kusuma Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/pensi.v1i1.850

Kata Kunci:

seni budaya, strategi pembelajaran, blended learning, flipped classroom, pandemi Covid-19

Abstrak

Strategi pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang dirancang guna untuk mencapai tujuan pembelajaran.  Selama masa pandemi Covid-19 strategi pembelajaran yang dirancang oleh guru tentunya berbeda dengan pembelajaran pada masa pembelajaran sebelumnya, khususnya strategi yang digunakan pada pembelajaran seni budaya. Mata pelajaran seni budaya umumnya terdiri dari materi berupa materi teori dan materi praktik, yang memiliki kesulitan tersendiri dalam menerapkan strategi pembelajaran yang tepat terutama pada masa pandemi Covid-19. Maka penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana strategi yang digunakan guru dalam merancang pembelajaran khususnya pada mata pelajaran seni budaya yang berlangsung selama masa pandemi Covid-19. Lokasi penelitian adalah SMP Beringin Ratu Serupa Indah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menghasilkan data-data dalam bentuk deskriptif berupa kata-kata naratif atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Adapun hasil penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran selama pandemi Covid-19 di SMP Beringin Ratu Serupa Indah pada mata pelajaran seni budaya selama masa pandemi Covid-19 menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas yang dipadukan dengan pembelajaran asinkron atau pembelajaran yang sumber belajar diberikan atau didapat secara online oleh peserta didik dengan jeda waktu tertentu. Selanjutnya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran seni budaya berupa penerapan model blended learning

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-31

Cara Mengutip

Wayan Suwece, & Putu Sandra Devindriati Kusuma. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA TATAP MUKA TERBATAS DI SMP BERINGIN RATU SERUPA INDAH. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 1(1), 26–32. https://doi.org/10.59997/pensi.v1i1.850

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.