Creation of Gending Gilak Pengancan Istri in Banjar Pinge, Tabanan | Penciptaan Gending Gilak Pengancan Istri Di Banjar Pinge, Tabanan

Penulis

  • Ni Putu Juli Ratna Dewi Seni Karawitan Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i4.2645

Kata Kunci:

Desa Wisata Pinge, Komposisi Musik, Karawitan, Women

Abstrak

Kemajuan teknologi pada jaman ini memiliki dampak positif maupun negatif kemajuan teknologi sangatlah berpengaruh bagi keterampilan, khususnya di bidang seni dan budaya, khususnya dibanjar dinas Pinge, desa baru, kecamatan marga, kabupaten tabanan. Banjar dinas Pinge atau di kenal sebagai desa wisata Pinge merupakan tempat yang sangat asri dan juga bersih. Serta memiliki budaya yang sangat kental. Banyak proses atau tahapan yang sudah di lewati penata untuk menciptakan sebuah karya tabuh gilak yaitu Pengancan Istri. pengancan artinya penuntun dan istri artinya perempuan atau wanita, jadi Pengancan Istri merupakan seorang wanita yang dituntun untuk mengenal pola-pola dasar gamelan Bali. Menggunakan media ungkap barungan Gong Kebyar yang berada di banjar Pinge dengan dasar permainan gamelan Bali.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adi Surya, I. Gede, Saptono Saptono, and I. Ketut Partha. 2022. “The Process of Music Creation Kelabu | Proses Kreasi Musik ‘Kelabu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(1):62–70. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.419.

Adnyana, I. Made Putra; I. Gede Yudarta; Hendra Santosa. 2019. “Patra Dalung, Sebuah Komposisi Karawitan Bali Yang Lahir Dari Fenomena Sosial Di Desa Dalung.” Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan 5(1):61–67.

Andika, I. Wayan Agus, I. Komang Sudirga, and I. Wayan Sudirana. 2022. “Introduction to the Musical Composition ‘Telung Benang’ | Pengantar Komposisi Karawitan ‘Telung Benang.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(2):77–85. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i2.440.

Bakan, M. B. (2012). Women, the Recited Qur’an, and Islamic Music in Indonesia. Ethnomusicology, 56(1), 140–144. https://doi.org/10.5406/ethnomusicology.56.1.0140

Bandem, I. M. (1987). Ubit-ubitan Sebuah Teknik Gamelan Bali. Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar.

Dibia, I. W. (2012). Geliat Seni Pertunjukan Bali. Buku Arti.

Juniarta, I. N., Sudiana, I. N., & Hartini, N. P. (2022). Composition karawitan Bali “Pajegan” | Komposisi Karawitan Bali “Pajegan.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.389

Kusuma, Ananta, and Tri Haryanto. 2022. “Karawitan Composition ‘Catra Patra’ | Komposisi Karawitan ‘Catra Patra.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(1):1–8. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.374.

Kusumayana, I. Gede Wisnu, and Saptono -. 2023. “TCreation Music Bangsing Waringin | Tabuh Kreasi Bangsing Waringin.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 3(3):306–12. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i3.2193.

Nagara, I. Putu Purwwangsa; I. Nyoman Sudiana. 2021. “Gamelan Gender Wayang Composition ‘Sandaran Laju’ | Komposisi Gamelan Gender Wayang ‘Sandaran Laju.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 01(02):117–25. doi: https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.333.

Nandayana, Kadek prema, and Saptono -. 2023. “Karawitan Composition ‘Bhuana Santhi’ | Komposisi Karawitan ‘Bhuana Santhi.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 3(1):9–17. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i1.1130.

Pryatna, I. P. D. H. S. (2020). Konsep Musikal Instrumen kendang Dalam Gamelan Gong Kebyar Bali. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(2), 73–84. https://doi.org/10.24821/resital.v21i2.4220

Purna Yasa, I. Made Rai, and Hendra Santosa. 2022. “The Transformation of Wargasari’s Kidung into Composition ‘Wehyang’ | Transformasi Kidung Wargasari Ke Dalam Komposisi Karawitan ‘Wehyang.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(3):173–79. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i3.476.

Raka, I. Made Raka Adnyana, and Saptono -. 2022. “Karawitan Composition ‘Samsara’ | Komposisi Karawitan ‘Samsara.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(4):266–74. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1151.

Santosa, H. (2005). Pengetahuan Multimedia Jilid 1.

Yasa, I. G. J. M., & Andayani, N. P. T. (2023). Tabuh Lelambatan Klakat Sudhamala: A New Creative Musical Composition | Tabuh Lelambatan Klakat Sudhamala: Sebuah Komposisi Karawitan Kreasi Baru. GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i1.191

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Dewi, N. P. J. R. (2023). Creation of Gending Gilak Pengancan Istri in Banjar Pinge, Tabanan | Penciptaan Gending Gilak Pengancan Istri Di Banjar Pinge, Tabanan. GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 3(4), 395–401. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i4.2645

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.