Introduction to Creation Music Kumat | Pengantar Musik Kreasi Kumat

Penulis

  • I Putu Suardana Program Studi Seni Karawitan, ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i2.450

Kata Kunci:

Musik Kreasi, Formulasi,, Kumat, Tradisi

Abstrak

Karya Kumat merupakan komposisi kreasi baru yang dikemas dengan tetap bernuansa tradisi. Karya ini adalah interpretasi dari mekanisme gangguan mental bipolar yang disusun melalui formulasi musikal yang sesuai dengan mekanisme bipolar. Karya ini focus ke dua unsur pembangun yaitu formulasi musikal serta nuansa musikal, formulasi musikal bersifat kongkret dan nuansa musikal bersifat berubah-ubah sesuai pengalaman musikal pendengar.karyaKumat menggunakan gamelan Jegog modifikasi sebagai media ungkap. Letak modifikasi terdapat pada instrumen barangan, kantil, suwir yang dijadikan satu tungguh, dengan ditambah dua instrumen lain sebagai pembaha melody yaitu kuntung  danundir. Proses penciptaan karya ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu rangsang awal yang dipadukan dengan konsep Alma M. Hawkins dalam buku Creating Trough Dance yang terdiri dari eksplorasi, improvisasi, pembentukan.Karya ini diwujudkan dalam bentuk tabuh kreasi yang masih berpijak pada ranah tradisi, pembaharuan yang terdapat pada karya ini terletak pada formulasi musik yang mengadopsi ilmu matematika persegi ajaib sebagai dasar pembentukan karya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ah, Y. (2019). Kesehatan Jiwa Pendekatan Holistik Dalam Asuhan Keperawatan. Mitra Wacana Media.

Ardiana, K. A. N. K. S. (2021). Introduction to “Achromatic” Karawitan Artwork | Pengantar Karya Seni Karawitan “Achromatic.” Ghurnita, 1(2), 108–116. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/214

Bandem, I. M. (2013). Gamelan Bali di atas Panggung Sejarah. Badan Penerbit STIKOM Bali.

Cahyo. (2018). Notasi Musik Abad 20 & 21. Art Music Today.

Djelantik, A. A. . (1992). Pengantar Dasar Ilmu Estetika Jilid II Falsafah Keindahan Dan Kesenian. STSI Denpasar.

Djohan. (2016). Psikologi Musik (Cetakan IV). Penerbit Indonesia Cerdas.

Hawkins, A. M. (2003). Creating Through Dance (Mencipta Lewat Tari terjemahan Y. Sumandiyo Hadi). In Manthili Yogyakarta.

Santosa, H. S. (2016). Gamelan Sistem Sepuluh Nada dalam Satu Gembyang untuk Olah Kreativitas Karawitan Bali. Pantun, 1(2), 85–96. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/pantun/article/view/747

Schawrtzman, S. (1994). The Words of Mathematics: An EtymologicalDictionary of Mathematical Term Used In English. MAA.

Senen, I. W. (2014). Konsep Penciptaan dalam Karawitan dalam Lokarya Metodologi Penelitian. ISI Yogyakarta.

Sugiartha, I. G. A. (2012). Kreativitas Musik Bali Garapan Baru Perspektif Cultural Studies. Institut Seni Indonesia Denpasar.

Sukerta, P. M. (2011). Metode Penyusunan Karya Musik: Sebuah Alternatif. ISI Press Solo.

Wicaksono, Y. I. (2016). Gejala Gangguan Jiwa Dan Pemeriksaan Psikiatri Dalam Praktek Klinis. Media Nusa Creative.

Diterbitkan

2022-05-23

Cara Mengutip

Suardana, I. P. (2022). Introduction to Creation Music Kumat | Pengantar Musik Kreasi Kumat. GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i2.450

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.