Desain dan Kebahagiaan
Menemukan Strategi Desain di Era 5.0
Kata Kunci:
Strategi Desain, Stefan Saigmeister, Teori Psikonalisis, Kebahagiaan, Era 5.0.Abstrak
Makalah ini menawarkan strategi desain untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan desain fungsional dan estetik yang juga dapat memenuhi unsur psikologis. Salah satu elemen psikis tersebut adalah kebahagiaan, seperti yang ditunjukkan oleh Stefan Sagmeister, seorang desainer grafis asal Amerika Serikat. Melalui analisis psikoanalitik terhadap sosok Sagmeister dan bentuk desain yang digarapnya, makalah ini berpendapat bahwa di era 5.0 tantangan terbesar bagi dunia desain dan desainer tidak hanya tentang bagaimana desain memenuhi fungsi komplementer di masyarakat tetapi juga menjadi elemen fundamental dalam menghadirkan kebahagiaan; baik untuk pengguna dan desainer. Desain di era 5.0 merupakan desain yang mampu memproyeksikan “realitas batin” sang desainer, seperti yang ditunjukkan oleh Sagmeister. Desain diharapkan dapat menjangkau dimensi yang lebih luas dengan menggunakan strategi ini agar tidak terjebak dalam siklus kerja industri dan produksi.