TUR WISATA VIRTUAL BALI PADA ERA SOCIETY 5.0
Kata Kunci:
Wisata, Virtual, TurAbstrak
COVID 19 yang melanda dunia pada awal tahun 2020 ini sangat mempengaruhi sektor pariwisata Indonesia, khususnya Bali. Imbas dari pandemi ini adalah sepinya pariwisata yang membuat banyak pihak mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah tur virtual yang dapat digunakan sebagai media promosi pariwisata Bali. Dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk merasakan objek wisata secara virtual, diharapkan dapat memicu minat dan ketertarikan masyarakat untuk berkunjung ke Bali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif-kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif, di mana rancangan tur wisata virtual Bali diberikan kepada masyarakat untuk menilai dan menanggapi, yang kemudain data yang diperoleh dan rancangan tur akan dideskripsikan untuk dianalisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari 77 responden, rata-rata condong tertarik mencoba tur virtual dan objek wisata yang tepat untuk menerapkan tur virtual adalah objek wisata yang bersifat rekreasi, perjalanannya dinikmati, dan menambah wawasan, seperti wisata alam atau wisata budaya. Dengan demikian tur virtual dapat menarik masyarakat untuk mencoba tur wisata virtual dan mengunjungi objek wisata tersebut secara langsung