Mengoptimalkan Instagram ads sebagai sarana edia informasi
Kata Kunci:
Instagram ads, Instagram post, User Experience(UX) desain, Prinsip desainAbstrak
Media informasi adalah alat untuk mengumpulkan dan menyusun kembali sebuah informasi sehingga menjadi bahan yang bermanfaat bagi penerima informasi. Salah satu media digital yang saat ini sering digunakan yaitu Instagram. Bagaimana menentukan penempatan Instagram ads dan membuat Instagram post yang menarik dan efektif yaitu dengan teori hierarki visual, User Experience (UX) desain dan prinsip desain. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana mengoptimalkan Instagram post ads sehingga penyampaian informasi lebih efektif, menemukan kualitas penerapan prinsip-prinsip desain. Metode penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan data kualitataf yang dikumpulkan dari hasil studi pustaka melalui jurnal, buku, media online, website resmi. Objek penelitian ini adalah Instagram ads. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa dalam User Experience (UX) desain, tata letak interface serta perilaku pengguna yang berdasarkan dorongan psikologi, memengaruhi suatu post dilihat. Berdasarkan perilaku pengguna saat berada di tampilan Feed, membuat desain yang menarik dan efektif dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip desain berupa kontras, penekanan, kesederhanaa, kejelasan.