Analisis Elemen-Elemen Visual dan Makna Billboard Nu Green Tea “Rasanya, Bikin Nyaman!”

Penulis

  • I Gusti Ayu Agung Aristi Putri

Kata Kunci:

Billboard, Nu Green Tea, Elemen-elemen visual

Abstrak

Billboard termasuk media luar ruangan atau outdoor advertising yang efektif dan digunakan sebagai media promosi oleh suatu perusahaan. Billboard yang menjadi obyek penelitian adalah billboard Nu Green Tea “Rasanya, Bikin Nyaman!”. Billboard ini menarik untuk diteliti karena billboard Nu Green Tea memiliki tampilan yang unik dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan elemen-elemen visual yang terdapat pada billboard Nu Green Tea yang diharapkan dapat menambah estetika dan daya tarik. Tahapan penelitian yang dilakukan antara lain mengklasifikasikan teori elemen-elemen visual dan teori semiotika Roland Barthes kemudian menganalisis elemen-elemen visual yang terdapat pada billboard Nu Green Tea menggunakan teori desain komunikasi visual dan menganalisis makna denotasi dan konotasi menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kontribusi penelitian ini agar dapat pengetahuan bidang ilmu desain komunikasi visual khususnya mengetahui elemen-elemen visual dan makna denotasi dan konotasi pada billboard. Dengan harapan dapat dijadikan pertimbangan dan rujukan dalam merancang billboard agar lebih menarik dan dapat diterima oleh khalayak sasaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-09-05

Cara Mengutip

Agung Aristi Putri, I. G. A. (2019). Analisis Elemen-Elemen Visual dan Makna Billboard Nu Green Tea “Rasanya, Bikin Nyaman!”. Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain., 1, 73–80. Diambil dari https://eproceeding.isidps.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/41

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.