Humor sebagai Strategi Kreatif dalam Iklan Djarum 76
Kata Kunci:
Djarum 76, iklan, humor, strategi kreatifAbstrak
Djarum merupakan salah satu brand rokok ternama di Indonesia dan selalu aktif menggunakan iklan sebagai sarana promosi produk kepada konsumen. Djarum 76 berhasil mengemas isu sosial yang sedang terjadi dimasyarakat ke dalam sebuah iklan. Iklan Djarum 76 ini sukses membentuk citra humor pada setiap iklan yang ditampilkannya. Hampir sejak delapan tahun silam, iklan Djarum 76 ini mulai menampilkan karakter dan selalu konsisten dalam menampilkan karakter yang dapat melekat dalam benak konsumen. Karakter yang dimaksud disini adalah sosok Jin lampu yang bernama “Om Jin” yang berciri khas menggunakan pakaian adat Jawa. Karakter Om Jin pada iklan Djarum 76 dikemas dalam berbagai versi dengan mengangkat konten isu-isu kekinian di masyarakat. Tampilan iklan yang selalu dapat member hiburan dengan didukung oleh karakter Om Jin yang humoris dan jahil, membuat iklan ini terasa sangat baik dalam mengambil perhatian konsumen. Hal ini merupakan strategi kreatif yang digunakan oleh tim kreatif dalam merancang iklanDjarum 76, yang selalu mampu menarik perhatian konsumen, dengan mengolah isu kekinian yang sedang menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat Indonesia. Dalam artikel ini dikaji lebih jauh tentang keterkaitan karakter Om Jin sebagai strategi kreatif dalam iklan Djarum 76. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Aspek yang diteliti dalam iklan ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders pierce dan teori periklanan. Dimana semiotika pierce berupaya melakukan klasifikasi terhadap tanda yang memiliki kekhasan. Pierce membedakan tipe-tipe tanda menjadi ikon, indeks, dan simbol. Teori inilah yang kemudian akan digunakan untuk menjelaskan setiap tanda yang melekat pada karakter om jin yang muncul disetiap adegan dalam iklan Djarum 76 serta membedah dan menemukan keterkaitan peran tokoh om jin dengan iklan rokok tersebut. Sedangkan teori periklanan digunakan untuk membedah daya tarik yang digunakan pada iklan Djarum 76.