Persepsi Visual Wanita terhadap Desain Visual pada Sosialisasi Gempa di Indonesia
Kata Kunci:
bencana gempa, wanita, persepsi visual, media sosialisasiAbstrak
Dengan berada pada wilayah “Ring of Fire”, Seluruh warga negara Indonesia diharuskan lebih bersiap terhadap kemungkinan-kemungkinan terjadinya pergeseran lempeng tektonik yang berakibat gempa di kemudian hari. Banyak sosialisasi dan informasi mengenai Gempa Bumi yang telah disebar di berbagai media baik digital dan cetak. Tetapi, bagi mayoritas orang hal tersebut belum begitu efektif, terutama bagi kaum wanita. Diawali dengan membuka Foccus Grup Discussion yang berisi 4 orang dengan latar belakang dari bidang Desain Komunikasi Visual dan juga bidang HSE (Healthy and Safety, Environment) tentang menyatukan visualisasi Informasi Keselamatan Kerja dengan visualisasi dan melihat ada sesuatu yang dapat diangkat, yaitu tentang perbedaan persepsi visual dari audiens perempuan dan laki-laki. Hal berikutnya yang diambil adalah mengumpulkan beberapa sample visual dan mengelompokkannya menjadi 5 kategori yang memiliki kesamaan visual dianalisis dari unsur-unsur visualnya. Hal tersebut mendasari penelitian lebih lanjut untuk menggunakan metode Quantitatif dengan mengambil jawaban dari 150 wanita yang ditargetkan sebagai audiens. 150 responden wanita dihadapkan dengan 15 pertanyaan mengenai kepedulian, kesiapan, dan persepsi visual mereka terhadap bencana Gempa dan tampilan visual pada media sosialisasinya. Hasil dari quesioner dianalisis dengan metode Likert. Dari hasil analisis tersebut didapat jenis-jenis visual yang diminati oleh wanita yang dapat digunakan sebagai pertimbangan pembuatan sosialisasi bagi target market wanita.