Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand
Kata Kunci:
Influencer, Promosi, BrandAbstrak
Desain komunikasi visual sebagai bagian dari industri kreatif semakin mengalami perkembangan setiap tahunnya, khususnya dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Desainer komunikasi visual diharapkan juga memahami strategi marketing agar tidak tergerus perkembangan zaman yang semakin digital melalui sosial media. Untuk meningkatkan pemasaran di sosial media, perusahaan sudah mulai memanfaatkan influencer sebagai strategi marketingnya. Influencer digunakan oleh sebuah brand untuk menyampaikan tujuan dari brand ke target konsumen tertentu dan bahkan menjadi tonggak dalam promosinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk merubah cara pandang desainer komunikasi visual untuk lebih aware dengan strategi social media marketing dengan pemanfaatan influencer dalam promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dengan memilih media sosial Instagram, metode kepustakaan, kajian internet dan proses analisa dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan alur AISAS, baik micro influencer, macro influencer, dan mega influencer mampu menghasilkan konten yang mampu menarik perhatian (attention), dan minat (interest) warganet. Tidak hanya pemilihan foto yang menarik, influencer juga mampu mempromosikan brand dengan copywriting yang menjual tanpa menghilangkan karakter dan personal branding dari influencer itu sendiri. Dengan adanya influencer, brand awareness dari suatu produk akan meningkat yang mana akan mempengaruhi penjualan dari brand tersebut.