Perencanaan Destination Branding Melalui Mural di Desa Wisata, Desa Sumber Harapan, Kalimantan Barat

Penulis

  • Yori Pusparani

Kata Kunci:

Destination branding, Mural, Sumber Harapan, Elevated boardwalk

Abstrak

Destination branding merupakan sebuah konsep branding yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas brand sebuah destinasi wisata. Desa Sumber Harapan memiliki potensi wisata berupa tenun. Kampung ini dikenal dengan hasil tenunan yang baik dan beragam. Banyak diantara penenun yang menjual hasil tenunannya ke Negara sebelah seperti Malaysia dan Brunei. Selama ini sebagian besar penenun hanya bertransaksi jika ada pesanan, jika tidak memang cukup jarang orang-orang yang lalu lalang. Letak lokasi ini terbilang cukup unik, karena berada dipinggir sungai dengan jalan setapak yang terbuat dari kayu. Warga sekitar bantaran sungai Sambas merupakan penenun. Di rumah mereka terdapat kurang lebih dua hingga tiga alat untuk menenun.  Mulai dari baju, syal, peci hingga kain tenun. Dengan dibuatnya perencanaan destination branding melalui mural di Desa Sumber Harapan akan membuat desa Sumber Harapan menjadi ramai pengunjung. Dengan sentuhan seni kegiatan mural yang dilakukan pada elevated boardwalk yang berada sepanjang tepian sungai Sambas, akan menjadi sebuah destinasi  bagi para wisatawan atau pengunjung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-09-10

Cara Mengutip

Pusparani, Y. (2019). Perencanaan Destination Branding Melalui Mural di Desa Wisata, Desa Sumber Harapan, Kalimantan Barat. Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain., 1, 353–363. Diambil dari https://eproceeding.isidps.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/75

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.